Khoeri Abdul Muid CAH PATI

Redaktur Penerbit MDI (Media Didaktik Indonesia). Alumnus IKIP NEGERI YOGYAKARTA dan UNNES SEMARANG. Pernah mengajar di SMA TARUNA NUSANTARA MAGELANG. Sekarang ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Cerpen-gram Multikultural

Cerpen-gram Multikultural

 

ABSTRAK

Muid, Khoeri Abdul. 2020. Pengembangan Buku Saku Literasi Berbasis Cerpen-Gram (Busali Cerpen-Gram) untuk Penguatan Karakter Multikultural Siswa SD di Kabupaten Pati. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Dasar, Konsentrasi Manajemen Pendidikan Dasar, Universitas Muria Kudus. Pembimbing I: Dr. Suad, M.Pd., Pembimbing II: Dr. Santoso, M.Pd.

 

Kata kunci: cerpen-gram, pendidikan karakter, buku saku, multikultural.

 

Penelitian bertujuan untuk (1) mengembangkan Busali Cerpen-Gram; (2) menganalisis kelayakan Busali Cerpen-Gram; dan (3) menguji keefektifan Busali Cerpen-Gram untuk  penguatan karakter multikultural pada siswa SD kelas tinggi di Kabupaten Pati.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) model Borg & Gall. Data penelitian diperoleh dengan teknik wawancara, angket dan skala sikap.

Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Busali Cerpen-Gram berhasil dikembangkan melalui 10 tahap, yakni: a) identifikasi potensi dan masalah, b) pengumpulan data, c) desain produk, d) validasi desain, e) revisi produk I, f) uji coba produk, g) revisi produk II, h) uji coba pemakaian, i) revisi produk akhir, j) produksi massal. Busali Cerpen-Gram terdiri dari 4 bagian, yakni bagian cover (depan dan belakang), bagian preliminary (halaman judul, catatan hak cipta, persembahan, kata pengantar, pendahuluan yang terdiri dari cara memainkan Busali Cerpen-Gram beserta contohnya), bagian isi (terdiri dari 12 antologi cerpen berkonten nilai-nilai multikultural dilengkapi dengan format tugas mengisi cerpen-gram multikultural bagi siswa), bagian postliminary (daftar pustaka dan biodata penulis, lampiran contoh evaluasi). (2) Uji kelayakan validator materi, Busali Cerpen-Gram mendapat persentase 91,67% dengan kategori sangat layak. Uji kelayakan validator media, Busali Cerpen-Gram mendapat persentase 88,33% dengan kategori sangat layak. (3) Berdasarkan uji hipotesis dengan uji t-test (Paired Samples Test) dengan bantuan program EXEL, pada output diketahui t hitung = -16,210, jatuh pada penerimaan Ha atau H0 ditolak, sehingga disimpulkan bahwa efektivitas Busali Cerpen-Gram terhadap karakter multikultural siswa sesudah penggunaan Busali Cerpen-Gram lebih baik daripada sebelum menggunakan Busali Cerpen-Gram. Sehingga disimpulkan bahwa media pembelajaran Busali Cerpen-Gram yang dikembangkan, layak dan efektif dapat meningkatkan penguatan karakter multikultural siswa SD kelas tinggi di Kabupaten Pati.

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Artikel ini menarik bagi saya, bisa saya terhubung langsung dengan penulis artikel?

13 Oct
Balas



search

New Post