Khoeri Abdul Muid CAH PATI

Redaktur Penerbit MDI (Media Didaktik Indonesia). Alumnus IKIP NEGERI YOGYAKARTA dan UNNES SEMARANG. Pernah mengajar di SMA TARUNA NUSANTARA MAGELANG. Sekarang ...

Selengkapnya
Lezat Maksimal 1

Lezat Maksimal 1

Sirna. Sirna?

Sirna tentu bukan hanya berarti yang semula ada menjadi tidak ada. Sirna atau sirno setatar dengan kata fana sebagai derajad makrifat sebagaimana sering disarasehankan secara khusus di Rahtawu.

Bahwa sirna dalam makna leksikalnya adalah ketiadaan dan kehancuran. Dan lawan dari sirna adalah baqa, abadi, dan tetap ada. Tuhan termasuk kategori abadi dan baqa. Sementara selain-Nya atau seluruh makhluk digolongkan ke dalam ketiadaaan, kehancuran, dan sirna.

Sedangkan sirna dalam makna gramatikalnya adalah tidak memandang, memperhatikan, dan menyaksikan keberadaannya sendiri. Artinya, seseorang yang hadir di sisi Tuhan sama sekali tidak melihat eksistensi dirinya sendiri dan dia meniadakan segala sesuatu selain-Nya di dalam hatinya.

Oleh karena itu dalam istilah tasawuf, sirna berarti penghancuran diri yaitu al-fana’‘an al-nafs. Yaitu hancurnya perasaan atau kesadaran seseorang terhadap wujud tubuh kasarnya dan alam sekitarnya.

Sehingga fana adalah sirnanya seorang hamba dari memandang penghambaannya. Dan, baqa adalah baqanya seorang hamba dengan penyaksian Ilahi.

Pada maqam (derajat atau tingkatan) sirna. Manusia di hadapan Tuhan tidak lagi menyaksikan diri sendirinya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali